BLANTERVIO103

SEINDAH ITU SI LADA PERDU, AKU RINDU

SEINDAH ITU SI LADA PERDU, AKU RINDU
07 Februari 2023

Tahun 2016 lalu aku pernah menanam beberapa batang lada perdu di halaman rumah. Cantik sekali, seperti foto yang aku upload ini.


Menghabiskan masa sekolah dasar di pedesaan membuatku jatuh cinta dengan yang hijau-hijau bernama tanaman. Dari SD aku suka sekali yang namanya bercocok tanam. Beragam tumbuhan aku tanam, mulai dari labu siam, cabai, kacang panjang sampai bunga delima. 

Setelah bekerja dan punya gaji bulanan aku jadi punya dana untuk mengerjakan hobiku. Aku mulai coba tanam beragam tumbuhan di rumah dan kebanyakan gagal hehe

Maklum saja aku tinggal di daerah panas dan tanaman yang aku coba tanam rata-rata perlu hawa dingin. Aku yang sibuk kerja ya nanam doang ngerawatnya kapan sempat. Walhasil rata-rata tanamanku tewas.

Sampai akhirnya aku mencoba menanam lada perdu. 


Aku beli bibit lada perdu dari daerah Bogor. Hmmmm daerah dingin nih. Aku baca-baca lada perdu bisa juga hidup di daerah panas mangkanya berani beli. Beli 30 batang bibit lada perdu dan Alhamdulillah yang hidup cuma 4 batang.


Gapapa, ada yang hidup aja dah bahagia banget aku tuh.

Dalam beberapa bulan kami sudah mulai panen. Sayang tapi aku kehilangan foto lada perdu waktu berbuah. Lada perdu ini berbuah sepanjang tahun. Pokoknya berbunga terus. Cantik lho ditanam di pot, bisa dijadikan tanaman hias.

Bahkan waktu itu sempat becita-cita kalau kekumpul uang mau beli tanah dan ditanami lada perdu untuk menyalurkan hobi lama,


Belum sempat beli tanahnya eh batangnya dah habis, metong semua.

Ini terjadi gara-gara aku pindah rumah. Pada bulan Juli tahun 2017 aku menikah, Alhamdulillah kosong sebulan aku sudah hamil dan makin repot. Mei 2018 aku lahiran dan semakin repot, batang-batang lada perdu ini jadinya tidak membanyak masih konsisten 4 batang.

Bulan Januari tahun 2020 kami pindah ke rumah sendiri. Aku bawa 1 pot ke rumahku tapi cuma bertahan 2 bulan saja dan akhirnya tamat. 3 pot sisanya di rumah ibu juga satu-persatu permisi.


Sayang sekali ya, lada perduku habis karena kurang perawatan. Semoga nanti ada rezekinya bisa beli tanah yang luas untuk bercocok tanam menyalurkan hobi di akhir minggu. Nanti bisa tanam beragam buah dan lada perdu juga. Rindu dengan kedindahannya yang mirip bunga.
Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868