BLANTERVIO103

5 masker alami untuk kulit berminyak - berdasarkan pengalamanku

5 masker alami untuk kulit berminyak - berdasarkan pengalamanku
16 Desember 2021

 Siapa sih yang ga mau punya kulit bersih dan enak dipandang layaknya kulit bayi? Aku rasa semuanya mendambakan hal yang sama. Kulit yang bersih dan enak dipandang bisa didapatkan kalau kita merawatnya dengan baik, salah satunya dengan cara pemakaian masker.

Yuk kita cerita tentang masker alami untuk kulit berminyak berdasarkan pengalamanku.

1. Madu kapuk randu

Menurutku madu kapuk randu pas diletakkan di urutan pertama, ini based on pengalamanku ya. Kulit wajahku adalah kulit berminyak dan sangat rentan jerawat. Dulu tuh jerawatnya dimana-mana, jerawat besar kecil numpuk di wajah, bikin ga PD asli.

Kemudian aku banyak cari infomasi tentang masker yang baik untuk jenis kulit berminyak, madu pun muncul sebagai salah satu alternatif. Aku langsung coba jadiin madu sebagai masker eh tapi kulit wajahku kok gatal-gatal, aku merasa ga nyaman dan akhirnya berhenti.

Aku dan adik memutuskan pergi berkunjung ke peternakan lebah di tempatku. Nah di sana aku dapat keterangan kalau memang madu baik untuk kecantikan dan kesehatan tapi belum tentu semua madu cocok untuk jadi masker.

Pemilik peternakan menjelaskan beragam jenis madu ada madu kapuk randu, ada madu kopi, madu aneka bunga, madu bunga durian, madu bunga mangga dan lain sebagainya. Madunya dikelompokkan berdasarkan bunga yang dihisap oleh si lebah.

Kalau lebahnya mengisap bunga-bunga kopi maka disebuat madu bunga kopi, kalau lebahnya menghisap bunga buah durian maka disebuat madu bunga durian dan seterusnya. Belaupun merekomendasikan madu kapuk randu untukku. Kata belaiu madu kapauk randu paling pas untuk jadi masker kulit berminyak.

Aku beli 1 botol dan coba madu kapuk randu sebagai masker. Hasilnya bagus banget. Kulitku bersih dari jerawat, kulit juga terasa lembut dan sehat. Sayang sekarang agak jauh dari peternakan lebah jadi ga beli madu kapuk randu. 

2. Masker kunyit

Nah ini masker yang terbukti sangat ampuh tapi bikin males makenya. 

Lha kenapa Zefy?


Iya hasilnya memang bagus, kandungan dalam si kunyit membuat kulit kita sehat tapi kuningggggggg. Ini yang bikin aku males make masker kunyit. Sehat memang tapi kuningnya lama hilang. Ga sanggup berbi.

Dulu seorang teman wajahnya jerawatan parah gara-gara ga cocok sama suatu produk kosmetik. Doi sudah berobat sana sini ga cocok tapi seorang tetua memberi saran untuk mencoba masker kunyit. Karena sudah tidak tahan dengan jerawat doi cobain masker kunyit. 

Wah itu kuningnya  lama, sampai-sampai banyak yang aneh saat melihatnya. Perlahan wajahnya kembali normal, bersih mulus tanpa jejak. Cuma ya itu harus PD kalau wajah kelihatan kuning selama pemakaian.

3. Masker Tomat

Tomat mengandung vitamin C yang baik untuk kulit. Konon katanya memakai masker tomat baik untuk mengurangi sekresi berminyak dari kulit berminyak.

Aku pernah dong cobain masker tomat. Tomatnya aku hancurin lalu tempel di wajah, didiamkan sekitar 15 menit lalu dibilas. Asli itu kulit sewaktu sudah maskeran bagus banget. Kulit berasa halus dan kenyal. 

Cuma herannya setelah beberapa kali pemakaian (aku pakai sekitar 2 hari sekali) kulit malah mulai gatal dan hasilnya ga sebaik pemakaian pertama. Apa aku salah pilih tomat ya, ini masih jadi pertanyaan. Nanti kalau sudah ketemu jawabnnya aku tulis di blog deh.

4. Masker lidah buaya

Lidah buaya memiliki anti peradangan dan anti bakteri. Tentu saja ini baik untuk kulit berjerawat kan karena peradangan akibat jerawat akan lekas pulih kalau dikasi lidah buaya.

Seorang temanku semasa kuliah punya jerawat batu di wajahnya, beberapa obat yang dia coba bukannya menyembuhkan tapi malah memperparah jerawatnya. Kemudian dia mencoba masker lidah buaya. Caranya tinggal menempelkan daging halus lidah buaya di wajah dan bilas dengan air. Setelah beberapa waktu wajahnya bebas jerawat.

Tapi entah mengapa masker lidah buaya tidak cocok denganku. Kulitku gatal-gatal kalau ditempel lidah buaya. Mangkanya meski memang lidah buaya bagus aku ga make. Aku lebih suka nata lidah buaya.

5. Masker lemon

Semua tahu kalau lemon mengandung banyak vitamin C yang bagus untuk kulit. Pemakaian lemon ke kulit katanya akan membuat kulit cantik.

                                        

Ok aku coba masker ini. Aku makenya dengan cara memeras jeruk lemon dan mengoleskan air perasan jeruk ke kulit wajah.

Bagaimana hasilnya Zefy?

Fix, aku ga cocok dengan masker lemon. Seusai pemakaian kulit agak gatal gitu. Aku dengar katanya pemakaiannya harus rutin. Ok au coba pakai lagi tapi berapa kali pakai hasilnya sama. Akhirnya berhenti pakai. Kemudian aku lihat ada seorang dokter kecantikan menerangkan bahwa memang lemon dan jeruk lainnya bagus untuk kulit. Tapi pemakaian perasan jeruk langsung ke wajah kurang pas. 

Sekian pengalamanku dengan 5 masker alami untuk wajah. Ada yang punya pengalaman sama?



Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 2 komentar:

  1. Salah satu anak buahku, pernah mba, pake masker kunyit. Dan sumpah sih mukanya jadi kekuningan gitu pas ke kantor. Masalahnya, dia itu kerjanya sebagai teller. Yg artinya ketemu nasabah. Ga mungkinlah aku lepasin dia ketemu nasabah saat mukanya kekuningan, ntr dikira sakit Hepatitis 😅. Akhirnya sampai muka dia normal, aku tempati utk kerja di backoffice. Ga usah ketemu nasabah dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. whahaha iya ya kalau kerjanya ketemu orang agak gawat juga

      Hapus
8803000654652570868