Semenjak memutuskan
untuk jualan online pada April tahun
2020 lalu, aku menjadi sangat akrab dengan yang namanya jasa pengiriman. Ya,
wajar saja karena pelangganku justru kebanyakan dari luar kota tempat
tinggalku.
Awalnya aku jualan
bibit sayuran, makanan, dan minuman. Kemudian juga merambah ke jualan kosmetik
dan rok celana. Tetapi akhirnya fokus ke jualan kosmetik dan rok celana saja.
Maklum masih meraba-raba bisnis yang cocok, karena memang selama masih menjadi
seorang karyawan aku belum memulai usaha jualan online.
Dulu, sewaktu jualan
tanaman, makanan, dan minuman
pelanggannya berasal dari dalam kota, tapi semenjak pindah haluan
pelanggan juga ternyata berubah. Kebanyakan pelanggan dari provinsi tetangga.
Otomatis aku meminta
bantuan jasa pengiriman kan, ya. Semua jasa pengiriman yang ada di Bengkulu
kayaknya pernah aku coba. Aku mencoba mencari yang terbaik untuk pelanggan dan
tentu saja baik untukku hehe...Iya dong, secara kan kita jualan dong ya,
otomatis kalau bisa cari yang harganya bagus dan pelayanan bagus.
Kebetulan seorang
teman cerita tentang jasa pengiriman JX Indonesia atau juga dikenal dengan nama
J-Express. Katanya mereka melayani dengan baik dan harganya bersahabat dengan
para seller. Aku kepo dong, terus
cari tahu tentang JX Indonesia. Ternyata JX Indonesia itu sudah lama lho,
melayani para pelanggannya.
Sejarah JX Indonesia
Pada tahun 2015 JX
Indonesia memulai operasional pengiriman dengan tujuh orang kurir. Kemudian
pada tahun 2016 memindahkan distribution
center (DC) ke kawasan Cimanggis dengan tujuan menambah kapasitas warehouse dari 100 paket menjadi 2.000
paket per hari. Mereka juga membuka 60 drop
point (DP) pertama.
Lanjut, tahun 2017 JX
Indonesia semakin berkembang. Mereka fokus melayani pengiriman dari berbagai e-commerce besar seperti JD.id, Lazada,
Berrybenka, Sociolla, dan lainnya. Mereka juga didukung oleh sistem logistik
iTMS dari JD.Com.
Tahun 2018 JX
Indonesia bertransformasi menjadi solusi pengiriman e-commerce. Kapasitas pengiriman dan infrastruktur ditambah. Sistem
operasional dari iTMS diubah menjadi Blue Dragon dan menambah layanan
pengiriman jumlah besar (bulky delivery).
Tak hanya sampai di
situ, pada 2019 JX Indonesia menjadi bagian dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa
atau biasa dikenal dengan GOJEK dan melakukan pembaruan di berbagai aspek.
Tahun 2020 memperluas target market dan memperkuat layanan COD. Kemudian tahun
2021 mereka mengadakan promo #SERBU, aaa...kemana saja aku selama ini!
Promo #SERBU
Apa itu promo #SERBU?
Promo #SERBU atau #Serba6Ribu adalah promo ongkirhanya bayar Rp6.000,- saja.
Jujur aku sebagai online seller
ngiler. Ga salah dong kalau aku bilang #JXIndonesia adalah #temanonlineseller dalam mendukung para
pebisnis online.
Oh iya, promo ini
berlaku dari tanggal 1 Januari sampai tanggal 31 Maret 2021. Artinya promo ini
berlaku untuk online seller yang
registrasi pada periode waktu tersebut.
Lalu, bagaimana
caranya untuk bisa menikmati promo #SERBU? Gampang, seller tinggal registrasi melalui website www.j-express.id/business-register. Kita tinggal isi
data yang diminta.
Promo #SERBU didukung
layanan COD, CSOD dan free pick-up
tanpa minumum jumlah paket tanpa dikenakan biaya tambahan lagi. Nah, informasi lengkapnya
bisa cek di IG dan FB JX Indonesia.
Coverage pick-up dan delivery JX untuk promo #SERBU berlaku untuk wilayah:
Origin Jawa - tujuan
Jawa
Origin Sumatera Utara
- tujuan Sumatera Utara
Origin Kalimantan
Barat - Tujuan Kalimantan Barat
Origin Kalimantan
Timur - Tujuan Kalimantan Timur
Origin Makassar -
Tujuan Makassar
Origin Padang -
Tujuan Padang
Origin Pekanbaru -
Tujuan Pekanbaru
Origin Palembang -
Tujuan Palembang
Selain wilayah di
atas maka dikenakan biaya normal. Kemarin aku dan suami sudah jalan ke JX
Indonesia di Bengkulu. Lokasinya strategis, di jantung Kota Bengkulu, pelayanan
mereka ramah. Wajar kalau sering terdengar #1Paket1Senyuman. Oh iya, kami ke
sana cek promo #SERBU, ya..ternyata Bengkulu tidak termasuk lokasi tempat promo
diadakan.
Semoga nanti JX
Indonesia semakin berkembang, jadi kalau ngadain promo bisa di seluruh
provinsi. Aku yang di Bengkulu mupeng, euy. Lumayan kan, kalau pengiriman hanya
enam ribu, kan #6RibuBisaCuan, tuh. Kalau kali banyak paket kan, lumayan.
Alasan mengapa seller perlu memilih JX Indonesia sebagai partner logistik
Metode pembayaran lengkap
Soal metode
pembayaran menurutku JX Indonesia memanjakan pelanggannya dengan memilih tiga service utama:
1. Reguler
Paket reguler ini customer membayar terlebih dahulu barang
yang dipesan dengan cara transfer bank, ATM, atau mobile banking. Ya, pengiriman barang secara normal.
2. COD (Cash on Delivery)
Kalau COD ini sama
dengan bayar di tempat, barang sampai baru dibayar. Metode yang sedang hits di
kalangan pembeli online. Aku saja
contohnya, dari 100% pembeli kosmetikku 80%-nya meminta pembayaran COD.
3. CSOD (Card Swipe On Delivery)
Terakhir CSOD yang
bisa juga diartikan bayar ditempat tapi pakai uang virtual hehe..hmm..maksudnya
bayarnya pakai kartu debit atau kredit begitu barang sampai. Metode pembayaran
terbaru dan sepertinya pelangganku belum ada yang menggunakannya.
Kita tinggal pilih
yang sesuai dengan permintaan pembeli kita.
Unique
service
JX Indonesia melayani
pengiriman B2B, last mile, kargo, dan
cross border last mile.
Meningkatkan performa penjualan
1. Service excellence, baik untuk
pengiriman maupun tanggapan pelanggan.
2. Merupakan
perusahaan kurir multinasional di bawah nama besar JD.ID dan GOJEK.
3. Dapat melayani
pengiriman B2B dengan pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan korporat.
System
support
System support JX Indonesia meliputi website dan aplikasi tracking untuk costumer (aplikasi dapat diunduh di PlayStore dan Apple Store), seller dashboard untuk seller yang sudah menjadi klien JX
Indonesia untuk keperluan operasional pengiriman seperti pick up request, dan aplikasi khusus kurir.
Satu hal menarik saat
aku membuka website JX Indonesia. Website-nya ringan, jadi kita dapat
melakukan aktivitas aktifitas di sana dengan cepat. Apalagi kan, biasanya online seller demi kepuasan pelanggan
berpacu dengan waktu. Time is money.
Untuk Distribution Center (DC) JX Indonesia
berada di Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Pontianak, dan Medan.
Contact channel costumer service JX
Indonesia:
email:
cs@j-express.id
call center:
021-80627027
WhatsApp business:
0898-4945-000
waktu operasional
pelayanan: Senin-Minggu, pukul 08.00-19.00 WIB
Media sosial:
FB: PT Jaya Ekspress
Transindo
IG: @jx.indonesia
Linkedln: PT. Jaya
Ekspress Transindo
Youtube: J-Express
Indonesia
Website:
www.j-express.id
Emoticon