BLANTERVIO103

Rendang daging dan serba-serbinya

Rendang daging dan serba-serbinya
30 September 2020

Rendang Daging

Kita absen dulu ya, siapa di sini yang tidak kenal dengan rendang  daging hayo? Kok pada diam sih? Ya iya lah, rasanya semua warga negara Indonesia kenal dengan yang namanya rendang  daging. Meskipun berasal dari Negeri Ranah Minang tetapi bisa dibilang hampir semua warga negara Indonesia menyukainya. Bahkan rendang daging dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia, beh…mantab kan?

Siapa ya penemu rendang daging, jenius sekali. Apakah dia seorang chef di kerajaan zaman dahulu kala. Ada yang tahu?

 

Memasak Rendang Daging

Ngomongin rendang daging, kalian sudah pernah masak rendang daging belum? Ternyata membuat rendang daging itu amazing lho. Mengapa? Karena untuk mendapatkan rendang yang enak dan tahan selama 1 bulan meski tidak dimasukkan ke lemari pendingin itu butuh waktu sampai berapa jam.

Kecuali kalau rendangnya mau langsung dimakan ya tidak perlu selama itu, cukup dimasak sampai kuahnya benar-benar kering maka rendang akan tahan selama 3-4 hari. 

masak rendang

Foto di atas aku ambil saat bantu para ibu memasak rendang saat pesta nikahan sepupu. Masaknya kan lama, jadi para ibu bergantian mengaduk santan sampai akhirnya santan menjadi minyak. Aku ikut ambil bagian juga dong sekalian belajar tapi menyerah setelah merasa dikejar-kejar asap hehe.

Memotong daging juga tidak sembarangan. Para senior di dapur mengajariku kalau memotong dagingnya harus melihat serat daging. Agar rendang daging yang dimasak nanti bertekstur empuk maka dagingnya harus dipotong melawan serat. Kalau dipotong searah serat daging meski kita menggunakan daging terbaikpun hasilnya bisa saja tidak sesuai dengan harapan.

Ini nih yang bikin aku jarang masak rendang. Masak rendang hanya pada momen-momen tertentu saja, belum kuat aku masak santan kelapa di depan api sampai berapa jam terus meratiin serat daging itu, enak kalau masaknya dikit nah kalau sedang pengen masak banyak gimana coba hehheee…

Untuk bumbu rendang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk,daun kunyit, jintan, merica, kemiri, ketumbar, kapulaga, bunga lawang, cengkeh, cabai. Siapkan juga kelapa goreng halus. Kalau dilihat-lihat lengkap banget ya tuh bumbu.

Semua bumbu selain daun jeruk, daun kunyit dan daun salam digiling halus dan ditumis sampai harum. Lalu masukkan daging yang sudah dipotong-potong. Kemudian masukkan minyak kelapa yang sudah kita masak sebelumnya. Masukkan pula kelapa goreng halus dan campur rata.

Tambahkan garam dan gula secukupnya. Kemudian masak sampai daging lembut. Sekitar 15 menit sebelum diangkat masukkan daun kunyit yang sudah diiris halus. Sajikan dengan taburan bawang merah.

 

Rendang daging di setiap kesempatan

1. Teman nongkrong bareng teman

Kapan kalian biasa makan rendang daging? Kalau aku bisa kapan saja. Karena aku dan teman-teman dekatku adalah sejenis manusia yang kalau makan carinya rumah makan Minang,  jadi makan rendang daging saat jalan adalah hal yang biasa.

2. Lauk spesial di hari spesial

Ingat iklan rebutan rendang beberapa waktu lalu? Itu membuktikan kalau rendang biasanya ada di acara nikahan, termasuk acara nikahanku kemarin.

makan rendang daging

3. Teman perjalanan jauh

Pada tahu lah ya kalau rendang adalah makanan yang awet. Jadi rendang sangat cocok untuk dijadikan bekal perjalanan. Ga perlu takut lauknya basi, enak lagi.

4. Oleh-oleh untuk yang tersayang

Rendang daging yang nikmat tentu saja bisa jadi oleh-oleh saat ita mengunjungi yang tersayang. Atau kamu bisa kasi oleh-oleh rendang daging untuk aku lho :D

Keren ya memang si rendang daging. Tapi kalau ga mau repot masak rendang daging bisa berkunjung ke https://foodstocks.id/ atau lihat IG foodstok di @foodstocksid. Rendang dagingnya recommended.


 

 

 

 

 

 

Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 17 komentar:

  1. Rendang masakan kecintaan aku bangettt

    Bumbunya endeusss, meresap sampe k daging

    Duh. Otw cari resto Padang ah qkqkqkqk

    BalasHapus
  2. Wihh berat banget emang ya mbak bikin yg enak. Kata tetanggaku yg org padang, ibu beliau di padang sana kalo masak rendang yg bener2 ori, bisa sampe 8 jam dan di aduk terus

    BalasHapus
  3. Rendang memang makanan yang punya nilai sejarah, sosial dan budaya tinggi. Juga sangat khas melayunya ya.
    Sayangnya saya tipe yang tidak suka makanan yangterlalu berbumbu.
    Tapi saya belum mencoba rendang yang asli, sih, meski beberapa kali makan di rumah makan padang

    BalasHapus
  4. Tipsnya agar dapat daging yang empuk, hrus dipotong berlawanan dengan seratnya ya mbak, ashiap.
    Jdi pngen nyobain masak sendiri olahan rendang.

    BalasHapus
  5. Bangga, deh, karena rendang jadi salah satu masakan terenak di dunia. Proses pembuatannya juga lumayan lama ya.

    BalasHapus
  6. Kalau di sini selain acara nikahan, ketika ada acara yasinan, kirim leluhur, atau hajatan lain sering masak rendang gitu mbak. Emang butuh deh waktu lama buat masaknya ya. Tapi ya gitu bisa tahan lama tuh rendang.
    Kalau di sini sehabis di potong per helai kayak gitu di pukul sama ulekan gitu mbak, biar nggak keras dagingnya. hehhee

    BalasHapus
  7. Aku suka rendang juga..tapi blom pernah masak sendiri. Pesan2 sajaaa..praktis. hehe..

    BalasHapus
  8. aduh, rendang? sapa sih yang bisa nolak? salah satu makanan paling enak sedunia memang benar adanya, tapi sampai saat ini aku belum bisa bikin sendiri hahhaa, lebih suka beli daripada bikin hahahha ruet

    BalasHapus
  9. KAlau masaknya lama, mendingan saya beli deh, Mbak hehe. GAk tahan lama-lama mengaduk wkwkwk.

    BalasHapus
  10. wah rendang emang juara sih ya untuk baham utama daging.Etapi kalo rendang daging kambing belum pernah eiy...perlu dicoba nih kayaknya

    BalasHapus
  11. Aku aslinya kurang suka rendang daging yang dijual di kotaku. Jadi waktu diajakin road trip Bogor - Pekanbaru, udah membayangkan bakal makan rendang terus nih, hahahaa.
    Ternyata rasa rendang di sana beda, kok jadi doyan. Nah aku langsung meluncur aja kali ya ke Foodstocks, kalo dirimu yang orang Minang bila enak, pasti rekomended lah

    BalasHapus
  12. Masya Allah jadi kangen makan rendang pas acara pernikahan yang acara adat. Rendang emang istimewa deh.

    BalasHapus
  13. Meski bukan orang Minang, tapi hidangan rendang itu jadi paling favorit dan selalu ada saat hari raya baik idul Fitri atau idul adha di rumah.
    Aku sendiri suka sama masakan nya yang khas dan kaya bumbu juga rempah

    BalasHapus
  14. Aku baru sekali belanja di jd. Id mba hahahah seru tapi beli Elektronik sih kalau makanan belum. Jadi penasaran coba.

    BalasHapus
  15. Aduh lihat rendang begini jadi lapar Mba. Memang ya kalau rendang yang bikin enak memang bumbunya.

    BalasHapus
8803000654652570868