BLANTERVIO103

Kenali Berbagai Tipe Ruangan Rumah Sakit

Kenali Berbagai Tipe Ruangan Rumah Sakit
22 September 2020
Kenali Berbagai Tipe Ruangan Rumah Sakit

Rumah sakit adalah tempat untuk mendapatkan penanganan kesehatan yang dialami oleh seseorang, tempat untuk berobat berobat saat mengalami penyakit tertentu. Namun, ternyata masih banyak orang tidak tahu tentang tipe ruangan rumah sakit, baik yang berupa singkatan atau nama penuh. Tidak jarang nama-nama yang berupa singkatan ini bisa jadi membingungkan bagi orang awam.

Seperti yang diketahui, rumah sakit memiliki berbagai jenis pelayanan yang berkaitan dengan kesehatan diantaranya pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, pelayanan perawatan, pelayanan rehabilitasi, pencegahan dan peningkatan kesehatan, sebagai tempat pendidikan dan atau pelatihan medik dan para medik, sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan serta untuk menghindari risiko dan gangguan kesehatan.

Berikut Ini Adalah Tipe Ruangan Di Rumah Sakit Dan Keterangannya


1. PICU

PICU adalah singkatan dari Pediatric Intensive Care Unit, yaitu salah satu unit di rumah sakit yang berfungsi sama seperti ICU untuk orang dewasa. Namun PICU lebih mengkhususkan pada pengobatan bagi anak-anak. Unit ini dapat Kamu temukan di dalam rumah sakit anak atau rumah sakit daerah. Perlu diketahui, tidak semua rumah sakit memiliki kemampuan untuk mengobati pasien anak. Sehingga mereka mungkin perlu dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih lengkap.

2. IGD atau UGD

IGD adalah singkatan dari Instalasi Gawat Darurat dan UGD adalah singkatan dari Unit Gawat Darurat, tipe ruangan ini merupakan bagian ruangan yang sangat penting di rumah sakit yang mengkhususkan dalam pengobatan darurat. Ruangan ini menjadi garda terdepan dari perawatan pasien darurat di rumah sakit. Seseorang biasanya langsung datang ke UGD dengan menggunakan ambulans atau kendaraan pribadi. Dikarenakan penyebab sebuah insiden yang tidak direncanakan sangat banyak, staf UGD/IGD harus mampu mengobati dan merawat berbagai penyakit dan cidera. UGD memang ditunjukkan untuk cidera atau penyakit yang harus segera ditangani atau mengancam nyawa.

Pasien dengan kondisi darurat ini tidak boleh dibiarkan menunggu ditangani oleh petugas penyedia layanan kesehatan utama.

3. PACU

PACU merupakan singkatan dari Post-Anesthesia Care Unit atau unit pasca bius. PACU merupakan unit yang dikhususkan untuk memantau pasien di rumah sakit yang baru menjalani operasi selagi efek obat biusnya belum menghilang. Ada pasien yang langsung pulang ke rumah setelah sadar di PACU, ada juga yang dipindahkan dulu ke ICU atau kamar reguler untuk pengamatan lanjutan.

Ini tergantung pada operasi yang dilakukan dan kondisi pasien sendiri. Kunjungan diperbolehkan di PACU namun hanya setelah pasien stabil.

4. Ruang Operasi

Ruang operasi merupakan ruangan penanganan untuk pasien yang membutuhkan operasi. Ruangan ini terdiri dari ruangan individual dengan peralatan spesifik untuk melakukan operasi, termasuk sistem robotik. Sebuah ruang operasi bisa saja memiliki peralatan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan akan kasus tertentu. Hal ini tergantung pada tipe operasi yang akan dilakukan pada pasien.

5. ICU atau CCU

ICU adalah singkatan dari Intensive Care Unit atau unit perawatan intensif merupakan ruangan penting di rumah sakit untuk pasien dengan penyakit kritis yang dirawat oleh dokter spesialis. ICU juga sering disebut sebagai CCU yang merupakan singkatan dari Critical Care Unit atau unit perawatan kritis.

Pasien yang dimasukan ke unit ini memerlukan pemantauan ketat dan peralatan khusus. Peralatan ini bisa beragam tergantung kebutuhan pasien, namun mungkin termasuk ventilator untuk membantu pernapasan pasien hingga mereka cukup stabil untuk bernapas sendiri.

ICU umumnya memiliki aturan kunjungan yang lebih ketat dari pada ruangan lain di rumah sakit karena pasien  membutuhkan istirahat yang lebih lama dan lebih sensitif terhadap keributan dan suara.

6. NICU

NICU merupakan singaktan dari Neonatal Intensive Care Unit atau unit perawatan intensif untuk bayi baru lahir berfokus pada bayi dengan isu kesehatan yang membutuhkan perhatian dan pemantauan khusus tingkat tinggi. Pada ruangan NICU, seorang perawat mungkin akan menghadapi bayi prematur dan bayi dengan berat lahir rendah, bayi dengan spina bifida atau cacat lahir lain, dan kondisi lainnya.

7. CCU atau CICU

CCU adalah singkatan dari Cardiac Care Unit dan CICU adalah singkatan dari Cardiac Intensive Care Unit. Ruangan ini adalah ICU yang berfokus pada penyakit dan operasi yang berhubungan dengan jantung. Jenis pasien yang terlihat di sebuah CCU tergantung pada program bagi penderita penyakit jantung yang disediakan oleh rumah sakit. Pasien yang menderita kardiomiopati akut, penyakit jantung valvular, dan aritmia juga dirawat di unit ini.

Nah, dengan begitu, Kamu sudah tentu paham donk denganberbagai tipe ruangan di rumah sakit. Selanjutnya jika berkunjung ke rumah sakit Kamu enggak akan bingung lagi jika mendengar perawat atau dokter menyebut berbagai istilah tipe ruangan di atas.
Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868