BLANTERVIO103

Mengapa Harus Pakai ID Card Karyawan? Inilah Seputar Manfaatnya

Mengapa Harus Pakai ID Card Karyawan? Inilah Seputar Manfaatnya
12 Februari 2020
ID Card

Sudah lazim bahwa setiap karyawan yang bekerja di suatu instansi atau perusahaan, pasti mengenakan ID card. Kartu identitas ini sangat penting dan wajib dikenakan, terlebih masuk dalam aturan perusahaan. Sebenarnya, kewajiban karyawan untuk memakai ID card karyawan ini ada alasannya. Inilah berbagai alasan lain mengapa harus pakai kartu pengenal selain karena berfungsi sebagai identitas.

Alasan Harus Memakai ID Card Karyawan

Terkait dengan kewajiban setiap karyawan untuk mengenakan tanda pengenal setiap kali bekerja selama jam kerja dan setiap kali berada di kantor, terdapat berbagai alasan yang mendasarinya.

Fungsi pertama dari ID card karyawan memang sebagai alat identitas karyawan, sehingga perusahaan dan mitra lainnya dapat mengenali bahwa seseorang tersebut adalah karyawan dari suatu perusahaan yang bersangkutan. Tingkat kepercayaan juga meningkat karena yakin dengan identitas resmi berupa kartu yang dikenakan oleh karyawan tersebut.

Adapun alasan lain mengapa karyawan harus mengenakan ID card adalah untuk mempermudah identifikasi karyawan dalam menjalankan setiap kegiatan pekerjaan. Kerjasama yang baik akan tercipta apabila setiap karyawannya saling mengenal dan mengetahui status jabatannya dengan baik demi kelancaran kegiatan dalam pekerjaan.

Tanda pengenal ini memudahkan bagi sesama rekan kerja ataupun antara atasan dengan karyawan yang belum saling mengenal karena banyaknya tenaga kerja yang bekerja di sana agar tetap mampu berkoordinasi satu sama lain.

Selain menciptakan efektivitas kerja yang solid seperti penjelasan di atas, kewajiban mengenakan ID card karyawan juga terkait dengan pembeda antara karyawan dan non karyawan. Pembeda ini sangat penting demi keamanan dalam kantor perusahaan yang tentu saja di dalamnya memuat berbagai hal penting dan rahasia. Alasan yang sangat penting inilah yang kemudian sangat dianjurkan untuk mempunyai dan selalu mengenakan kartu identitas agar setiap orang di perusahaan dapat memastikan keamanan bahwa hanya karyawan yang dapat mengakses fasilitas tertentu di perusahaan.

Agar lebih aman, perusahaan juga dapat mengoptimalkan fungsi ID card karyawan sebagai tanda akses ke area tertentu. Jadi, terdapat penambahan kode data yang memuat informasi karyawan dan hal ini digunakan sebagai tanda akses masuk kesuatu area. Dengan demikian, keamanan perusahaan lebih terjamin karena benar-benar hanya karyawan yang dapat mengakses.

Untuk menghindari kemungkinan terdapat penggandaan ID card oleh pihak tidak bertanggung jawab, perusahaan dapat pula menambahkan sekuritas tambahan pada kartu pengenal, misalnya sidik jari atau hologram.

Manfaat Mempunyai dan Memakai ID Card Karyawan

ID card karyawan memang sangat penting dimiliki dan dipakai oleh setiap karyawan. Mengingat berbagai alasan penting di atas, terdapat berbagai manfaat di dalamnya. Efektivitas pekerjaan akan meningkat karena antar karyawan dapat bekerjasama dengan baik dan tidak salah mengenal satu sama lain, termasuk jabatannya.

Selain menjamin efektivitas pekerjaan, perusahaan juga dapat meningkatkan kredibilitasnya. Apabila setiap karyawan mengenakan ID card ini, tentu saja kepercayaan setiap klien atau konsumen akan meningkat. Pasalnya, perusahaan mempunyai informasi yang jelas dan jaminan bahwa karyawan yang memberikan pelayanan adalah benar-benar terdaftar sebagai tenaga kerja resmi di perusahaan yang bersangkutan.

Terkait dengan keamanan kantor perusahaan, semuanya akan lebih terjamin karena ID card karyawan dapat difungsikan sebagai alat akses kesuatu area tertentu di perusahaan yang hanya boleh diakses oleh karyawan resmi dan berwenang. Jadi, karyawan dapat diarahkan untuk memahami hal ini, sehingga akan selalu mengenakan ID card miliknya.

Semua alasan penting mengapa harus mengenakan ID card karyawan sudah terjawab. Alasan tersebut juga sangat mendukung kesuksesan kinerja yang semuanya bermanfaat untuk semua orang, baik untuk karyawan, perusahaan, dan konsumen atau klien lainnya.
Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868