BLANTERVIO103

Plastik Bekas Untuk Pot Sayur

Plastik Bekas Untuk Pot Sayur
27 Januari 2020
Memanfaatkan gelas bekas untuk pot sayuran

Hi guys, kita bakalan ngebahas tentang gelas plastik nih. Gelas yang banyak digunakan dan biasanya akan berakhir menjadi sampah dimana-mana. Suatu hal yang seharusnya tidak terjadi dan untuk membuatnya tidak terjadi memerlukan kepedulian semua orang.

Kita aku saja kalau kebanyakan orang akan membuang gelas plastik dari minuman dingin mereka, betul kan? Syukur-syukur ditemukan para pemungut barang bekas dan akhirnya dapat termanfaatkan atau didaur ulang. Kalau berakhir di tong sampah dan masuk pembakaran kan sayang banget kan ya? Apalagi kalau berakhir sebagai sampah di pantai  :(

Gelas plastik minuman dingin

HOW?


Jadi apa yang kita bisa lakukan dengan gelas plastik bekas minuman kita agar tidak mubazir? Kita bisa memanfaatkannya dengan menyulapnya menjadi pot sayur, iyes.

Itu di atas ada minuman dingin yang belum dieksekusi oleh aku dan suami beberapa waktu yang lalu. Waktu itu kami jalan-jalan ke salah satu toko buku di Bengkulu. Usai dari toko buku aku merasa perlu bertemu dan mengeksekusi minuman dingin hehe....pak suami sih ikut saja. Jadilah kami memesan 2 gelas minuman dingin di sebuah toko makanan di sana.

Setelah minuman kami selesai dibuat dan aku eksekusi aku kok jadi sedih lihat gelas plastiknya. Gelasnya bagiku lumayan cantik dan bisa dijadikan pot sayur di rumah. Sayang kalau pot yang aku pegang tersebut jadi barang rongsokan dan akhirnya dibakar. Aku memutuskan untuk membawa gelas plastik itu pulang. Pak suami juga nanya, "Untuk apa gelasnya dibawa pulang?". Aku kasi senyum penuh makna dan bilang untuk berkreasi hehe..

Pas banget, pas di rumah ternyata aku ada bibit seledri yang harus dipisah dari induknya. Seledri itu kan sejenis sayuran yang jika ada anaknya dan anaknya sudah banyak maka harus dipisah. Kalau tidak dipisah antara induk dan anak seledri maka tanaman tersebut rawan mati perlahan. Ok, jadi kita akan menanam seledri. Hitung-hitung nanti kalau mau buat sayur sup ga perlu beli seledri, iyes. 

Memanfaatkan gelas bekas untuk pot sayuran

Pertama-tama siapkan gelas plastik bekas yang sudah kosong isinya, bersihkan dan bolongi dengan pisau. Kita juga bisa membolongi gelas dengan paku. Tujuannya agar nanti sirkulasi udara dan air di gelas plastik akan lancar. Sirkulasi udara dan air yang lacar akan membuat sayuran tumbuh baik.

Lalu masukkan tanah ke dalam gelas plastik bekas yang sudah dibolongi tersebut. Kalau bisa gunakan tanah yang sudah ada campuran pupuk komposnya ya, agar tanaman kita cepat tumbuh subur.


Memanfaatkan gelas bekas untuk pot sayuran

Terakhir tanam sayuran yang sudah kita siapkan. Kalau aku yang ditanam ya daun seledri :)

Aku juga menancapkan pipet bekas minuman yang dibeli tadi ke dalam pot untuk menyangga sayur yang baru ditanam. Jangan lupa menyiram tananam sayur yang baru kita tanam. Sebelum tumbuh sempurna letakkan pot sayur tadi di tempat yang agak teduh agar tanaman tidak mati. 

Memanfaatkan gelas bekas untuk pot sayuran

Ok, ayuk nanam-nanam, iyes.
Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868