BLANTERVIO103

Persipan Traveling Dengan Bayi Umur di Bawah Satu Tahun

Persipan Traveling Dengan Bayi Umur di Bawah Satu Tahun
14 Oktober 2019
bengkulu
Suami, aku dan, Ichi saat traveling ke kabupaten Kepahiang, Bengkulu
Aduh duh mikirin bawa anak bayi traveling itu rasanya campur aduk. Senang bakalan traveling tapi bingung juga banyak persiapannya. Ya tahu lah ya kira-kira kalau mau ajakin baby traveling alias jalan-jalan, ribet pastinya karena banyak yang harus dibawa.

Sebenarnya ini pengalaman waktu ajakin Ichi main ke Kabupaten Kepahiang beberapa waktu silam. Waktu itu akhir tahun dan umur Ichi 8 bulan. Waktu itu aku belum pernah ajakin Ichi main jauh, aku tuh tipe orang yang malas ribet tapi rindu terus denga traveling.

Okeh, jadi apa saja yang perlu disiapkan saat akan pergi traveling dengan bayi?

1. Pakaian yang nyaman dan pas

Kita perlu memastikan kondisi alam lokasi tujuan kita saat membawa si kecil. Memang sih sebenarnya tanpa membawa si kecil pun kita harus tahu kondisi alam dan tingkat kelembapan lokasi tujuan. Tapi….membawa si kecil membuat hal ini jadi sangat penting. Karena si kecil masih sangat sensitif dengan yang namanya perubahan suhu.

Kalau lokasi tujuan kita adalah daerah panas atau daerah dataran rendah seperti pantai, mungkin kita bisa membawa pakaian-pakaian pendek atau tipis. Akan sangat berbeda kalau kita pergi ke daerah dataran tinggi atau pegunungan, kita akan sangat memerlukan pakaian panjang dan tebal. Satu hal yang perlu diingat adalah pakaian yang kita bawa nyaman dipakai dengan si kecil.

2. Stok makanan dan minuman

Ini penting banget ini. Kalau kita yang sudah dewasa kan enak, makannya bisa apa aja. Mana yang suka dilahap nah kalau bayi kan baru hal-hal tertentu yang bisa dia makan. Makannya harus bersih, bergizi dan lembut. Belum tentu tempat yang kita tuju memiliki itu, mangkanya lebih baik disiapkan saja.

3. Minyak telon dan bedak bayi

Menurutku dua hal ini adalah kelangkapan bayi terpenting. Kita akan sangat meemrlukan minyak telon dan bedak dimana saja. Entah itu pergi ke tempat dingan ataupun hangat kita akan membutuhkanya. Iya kan?

4. Diapers

Sebenarnya sih bayi akan lebih baik kalau ga pake diapers (katanya). Tapi kalau saat traveling kayaknya bagusan pake diapers deh. Gaka repot kalau harus banyak bawa pakaian ganti dan cuci-cuci, belum lagi pas pakaian kita kena pipis atau BAB si kecil, repot dah. Jadi menurutku baiknya kalau traveling ngajakin bayi bagusnya bawa diapers.

5. Jaket atau sweater

Ini aku buat diluar pakaian yang nyaman karena walau ke tempat panas maupun dingin sangat dibutuhkan. Kita tidak tahu yang namanya kondisi alam zaman now. Kadang saat musim hujan eh…..malah panas terus. Pas harusnya masuk musin panas eh…..malha hujan terus. Jadi kita butuh jaket atau sweater, antisipasi kalau tiba-tiba dingin dan perlu dipakai saat kita akan berkendara dengan roda dua, jangan sampai si kecil masuk angain.

6. Topi

Topi penting digunakan dimana saja. Di daerah berdebu topi menghalangi debu nempel di kepala, sedangkan di daerah digin memakai topi bisa membuat si kecil lebih hangat.

7. Selimut

Saat menempuh perjalanan jauh selimut bisa dikatakan wajib dibawa, jika kita mengajak si kecil.

8. Gendongan

Gendongan ibarat barang ajaib untuk para orang tua. Kalau si ekcil nangis digendong, dingin digendong, lelah digedong, bobok digendong, pokoknya gendong.

Kok banyak banget ya perlengkapan yang harus dibawa. Ya gimana lagi mak haha, namanya juga bawa bayi kan ya. Kebutuhannya banyak dan semuanya harus sedia serta kalau diperlukan harus segera diberikan. Agak beda kasus jika traveling dengan orang dewasa.

Akupun kemarin menyimpulkan bahwa kalau anak masih kecil kalau bisa ga usah diajakin traveling dulu. Ribet bokkkkkkk….. Terus kasihan juga si kecil jadi capek, kurang istirahatnya, bagusan dia di rumah.
Pernah punya pengalaman bawa si kecil traveling?
Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868