Langsung ke konten utama

Oleh-oleh saat berkunjung ke rumah metua

bunga lili

Waktunya silaturahmi dengan mertua, eh tapi aku bawa apaan ya untuk oleh-oleh?

Mungkin ini jadi pertanyaan banyak orang. Oleh-oleh kadang menuntut kita untuk kreatif, supaya yang dikasi oleh-oleh tidak bosan dan senang menerima pemberian kita. Apalagi kan memang di dalam islam membawa oleh-oleh untuk keluarga itu sunnah lho.

Rasulullah Muhammad Shallalahu 'alaihuwasalam bersabda:
"Perbuatan yang paling dicintai Alllah SWT adalah membuat gembira terhadap seorang muslim, atau menjauhkan kesusahan darinya, atau membayarkan hutangnya, atau menghilangkan laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beritikaf di masjid ini (Masjid Nabawi) selama sebulan."
(HR. Tabrani  - Al Mu'jam Al Kabir no 13646

Oleh-oleh itu membawa kebahagiaan, maka dari itu dia menyenangkan. Kemudian dalil oleh-oleh ini ada di Ihya Ulumuddin Juz 30 hal 257 yang bunyinya:
"Dianjurkan untuk membawa oleh-oleh baik berupa makanan ataupun yang lainnya untuk keluarga dna kerabatnya disesuaikan dengan kemampuannya. Dan hal yang seperti itu hukumnya sunnah. Hal ini karena keluarga atau kerabat yang di rumah akan melihat pada apa yang dibawa dari bepergian. Hati mereka akan merasa senang akan kedatangannya dan akan menjadi bertambah bahagia manakala disertai dengan oleh-oleh yang diabwanya."

Jadi ini artinya kalau bisa kita membawa oleh-oleh saat pulang dari bepergian atau berkunjung ke rumah keluarga, aplagi yang dikunjungi adalah orang tua dan mertua.

Apa saja oleh-oleh yang bisa dibawa saat berkunjung ke rumah mertua?
1. Kue kesukaan
Cari tahu kue kesukaan mertua kita dari pasangan. Beliau pasti sangat senang saat menantunya datang membawa kue kesukaannya.

2. Bunga
Bunga bukan hanya bisa diberikan ke pasangan lho. Bunga juga bisa menjadi oleh-oleh alias buah tangan untuk orang tua dan mertua kita. Hanya saja perhatikan bunga yang akan kita berikan. Pilih bunga yang tahan lama dan bernuansa lembut, contohnya bunga lili berwarna pink. Bunga ini cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh ke rumah mertua. Warnanya yang menyejukkan membuat suasana hati bahagia. Selain itu bunga ini bisa menjadi hiasan di atas meja. Siapkan vas bunga, isi dengan air dan letakkan bunga lili di dalamnya kemudian letakkan di atas meja.

3. Buah segar
Buah segar adalah salah satu sumber kesehatan dan kebahagian kita. Coba bayangkan kita sedang menatap setumpuk buah-buahan segar, bagaimana perasaan kita? Yup, kita merasa bahagia. Kita bisa membawa buah-buahan segar untuk membawa kebagaian ke rumah mertua kita.

4. Makanan hasil kreasi
Pandai memasak? Kalau pandai dan hobi memasak maka makanan hasil kreasi dapur sendiri akna menjadi oleh-oleh yang spesial untuk mertua.

5. Hiasan rumah
Hiasan rumah seperti gambar di dinding dan lainnya bisa menjadi oleh-oleh yang berkesan untuk mertua.

6. Satu album foto keluarga
Coba deh cuci cetak foto-foto kebrsamaan keluarga kita dan mertua dan susun dalam album foto dengan apik. berikan album itu saat berkunjung ke rumah mertua, mereka akan sangat bahagia.

Selamat berkreasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Banyak Permintaan Perteman di FB, Mengapa?

Cerita tiba-tiba akun FB milikmu banyak diadd dengan banyak orang, pernah mengalami? Ini adalah kejadian yang aku alami beberapa waktu lalu. Gr sih awalnya, siapa yang ga GR coba pas akun sosmednya banyak diadd atau difollow banyak orang bak artis. Kan jadi rasa-rasa tenar eaaaaa.....tapi setelah tahu kenyataannya jadi ketawa sendiri. Mengapa? Ini nih alasannya: Iyup betul, aku dulu agak GR kirain aku mulai bisa menyaingi tenarnya Inces Syahrini atau mungkin tenarnya Ayu Ting Ting, terbukti dengan banyaknya orang yang add dan follow FB ku, tetapi kenyataannya salah guys. Ternyata akun kita akan dibanjiri permintaan pertemanan saat kita banyak mengkonfirmasi permintaan pertemanan yang masuk ke akun kita. Sepertinya FB akan menyarankan kita sebagai teman yang bisa di add saat seseorang melihat list orang yang akan di tambahkan sebagai teman. Tetapi apakah iya akun FB yang add akun FB kita itu beneran mau berteman? Eit, jangan GR kayak aku dong ya haha.....berdas...

Cara Mencairkan Asuransi Allianz untuk Biaya Berobat dengan Cepat

Dalam kondisi pandemi virus Corona seperti sekarang ini memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya segala macam akses masyarakat dibatasi, guna mencegah penularan dari satu orang ke orang yang lainnya. Apalagi bagi mereka yang memang sudah terserang penyakit yang dikenal juga sebagai Covid 19 ini maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya resikonya juga terbilang cukup besar, bahkan untuk mengancam nyawa. Apalagi tidak semuanya memiliki perlindungan untuk biaya pengobatan, seperti jika seandainya Anda telah dilindungi asuransi maka mudah karena tinggal ajukan klaim saja, apalagi untuk produk asuransi Allianz. Mengingat prosedur atau cara mencairkan asuransi Allianz ini sangatlah mudah.  Di era modern seperti sekarang ini memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya asuransi juga termasuk sebagai salah satu produk keuangan yang penting untuk dimiliki. Karena memang pada dasarnya ia memberikan manfaat untuk proteksi. Dengan jenis produknya yang tergolong begitu banyak dan juga b...

Alasan Menulis Blog Versi Zarlinda

Apa sih alasanmu ngeblog? Itu tuh, itu adalah sebuah pertanyaan normal dari banyak teman-teman dan keluarga saat melihat aku sering menghabiskan waktuku untuk menulis. S upaya tidak lelah hayati menjelaskan tu satu kepada setiap penanya, hari ini aku publish alasan menulis blog versi  www.zarlinda.com  ya :) Alasan menulis blog versi www.zarlinda.com Berbagi informasi Bisa saja informasi kecil yang kita miliki saat ini sangat berati untuk orang di luar sana. Contohnya ya, tulisanku yang paling banyak diminati oleh pembaca adalah cara mengobati jerawat dengan clyndamicin. Aku benar-benar tidak menyangka kalau tulisan ini menjadi tulisan yang paling dicari di blogku sepanjang waktu. Ternyata banyak orang yang mengalami masalah jerawat membutuhkan informasi ini. Curhat Selain suka mendengarkan curhatan orang, dari kecil aku adlaah orang yang suka sekali curhat. Orang tua dan adikku di rumah adalah korban-korban curhatanku. Ya…kalau sedang tidak mau curhat d...