BLANTERVIO103

Pilih Menulis di Blog atau Steemit?

Pilih Menulis di Blog atau Steemit?
02 Juli 2019
blog steemit

Tahun lalu aku kenalan dengan platform menulis baru, Steemit. Sudah pernah kenal belum? Waktu itu aku baca status FB Kak Alaika Abdulah di akun pribadinya. Dia cerita tentang sebuah platform menulis asik yang baru. Aku ikuti status-statusnya, kalau lihat dari komentar-komentar yang masuk sepertinya banyak yang tertarik dengan steemit.

Okeh, akhirnya aku ikutan komentar di salah satu status Kak Al, aku bilang mau ikutan join dan belajar. Ok, aku masuk ke grup dan mulai belajar. Mausk ke grup itu aku bagai butiran debu hahhaaa....parah, aku belum paham sama sekali apa itu steemit dan blockchain.

Ternyata steemit itu mirip-mirip blog. Kita bisa menulis dan upload-upload foto di sana. Banyak sekali warga negara Indonesia yang sudah daftar di sana, terutama warga provinsi Aceh. Ga tahu gimana ceritanya aku lihat mereka bisa dibilang mendominasi stemian Indonesia, menurutku lho ya.

Jadi apa itu steemit?
Steemit itu platform menulis seperti blogspot atau wordpress. Steemit menggunakan teknologi blochain yang sedang tenar itu.

Persamaan blogspot/wordpress dengan steemit?
1. Mereka sama-sama tempat menyalurkan hobi menulis. 
2. Sama-sama gratis (non TLD) dan bisa menghasilkan uang.

Bedanya dengan blog biasa apa?
Nah ini, sejauh ini yang aku tangkap perbedaan steemit dan blog adalah:

1. Domain TLD
Kalau blogspot atau wordpress ada domain TLD nya, kalau mau lebih kece ya pakai domain TLD, bisa .com atau .id atau .info dll sedangkan di steemit semua domain sama. Akun steemit ga bisa kita tingkatkan ke TLD (so far).

2. Penghasilan
Kalau di blog tulisan yang sudah kita tulis bisa menghasilkan selamanya. Sedangkan di steemit tulisan kita hanya akan dibayar selama 7 hari setelah tayang.

3. Nilai blog
Nah...kalau di blog ada DA PA yang dimulai dari 0 sedangkan di steemit ada nilai skor dimulai dari 25. Tapi kalau rekor jelek nilainya bisa terjun bebas ke 0.

4. Edit
Tulisan kita di blog bisa diedit dan dihapus sesuka hati kita. Kalau di steemit ga bisa gitu, tulisan hanya bisa diedit beberapa kali. Itupun akan mengurangi skor dan tulisan tidak bisa dihapus untuk selamanya. Hati-hati kalau nulis ya.

5. Copas
Tulisan di blog banyak yang hasil copy paste, mungkin hanya satu dua kalimat, ada yang copas satu tulisan full, aku dah jadi korban nih gara-gara ngutip kalimat. Berbeda dengan steemit, kita tidak bisa copas sama sekali. kalau ketahuan copas sama si cheetah, robotnya steemit. Maka buruklah nama kita di sana dan nilai kita akan berkurang. Kalimat kutipan pun bisa mereka deteksi sebagai copas, weleh weleh...

6. Waktu publish
Kalau blog kita bisa atur kapan tulisan kita bisa publish, enak nih menurutku. Kalau steemit sejauh ini belum bisa diatur jadwal postinya, publish real time.

Jadi pilih blog biasa atau steemit?
Okeh, akhirnya aku pilih pake blogspot lamaku ini. Steemit luar biasa belum aku mengerti. Sistem pencairan uang dari steemit juga sejauh ini menurutku agak berbelit. Iya gak sih, apa aku aja yang belum paham? Kalau salah mohon koreksi. Ada yang make steemit?


Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868