BLANTERVIO103

Manfaat Nasi Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Nasi Putih Bagi Kesehatan
03 Juli 2019

Merebaknya gaya hidup sehat di Asia membuat banyak orang ingin selalu ramping. Karenanya banyak orang Asia yang dulunya selalu makan nasi, kini menghindari nasi. Kandungan karbohidrat nasi dicurigai sebagai penyebab tumpukan lemak di perut.

Padahal sejak ratusan tahun silam nasi menjadi bagian menu bangsa Asia termasuk Indonesia. Ini karena nasi menjadi sumber karbohidrat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini berbagai khasiat sehat nasi karena kandungan nutrisinya.

Makanan bebas gluten

Nasi tak mengandung gluten. Karenanyanya baik dikonsumi oleh penderita penyakit celiac dan mereka yang alergi terhadap protein yang ada pada gandun dan sejenisnya.

Sumber energi

Kaya akan karbohidrat membuat nasi jadi sumber energi. Nasi terdiri dari rantai panjang karbohidrat kompleks yang perlu waktu lama untuk diurai. Karbohidrat ini memasok energi pada tubuh. Kandungan pati pada nasi lebih rendah dibandingkan sumber pati dari makanan lain.

Tinggi kandungan nutrisi

Nasi putih dan merah punya kandungan nutrisi berbeda. Nasi putih kaya akan kalsiun dan zat besi, juga vitamin seperti niacin, vitamin D, thiamin dan riboflavin. Nasi merah kaya akan serat dan baik untuk pencernaan. Nasi rendah lemak dan kolesterol sehingga baik untuk jantung.

Mencegah beragam penyakit

Beras merah kaya akan neutransmitter yang mencegah penyakit Alzheimer. Beras juga mengandung antioksidan yang melindungi jantung dan mencegah stroke.

Mencegah kanker

Nasi merah kaya akan serat yang melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Serat beras melindungi sel dan tubuh dari serangan kanker.

Mengontrol tekanan darah

Nasi rendah karbohidrat dan lemak karenanya baik dikonsumsi bagi mereka yang ingin turunkan berat badan.

Mencegah sembelit

Nasi rendah sodium karenanya bisa mengendalikan tekanan darah. Juga kaya akan serat sehat yang merangsang pertumbuhan bakteri baik yang bagus untuk pencernaan dan BAB teratur.

Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868