BLANTERVIO103

BASMI TUNTAS JERAWAT DENGAN BELERANG DIJAMIN AMPUH

BASMI TUNTAS JERAWAT DENGAN BELERANG DIJAMIN AMPUH
07 Maret 2019

belerang obat jerawat
pixabay.com
Masih lanjut tentang obat jerawat dan pengalamanku. Kali ini kita akan membahas mengenai belerang sebagai obat jerawat. Mungkin ada yang bertanya seperti ini:


Apakah benar jerawat bisa diobati dengan belerang?

Berdasarkan hasil praktekku, aku jawab iya. Tapi untuk keterangan lebih lanjut mengenai aman atau tidaknya bisa tanya ke dokter ya. Ok, kita lanjut.

Sebelum membahas bagaimana cara mengobati jerawat dengan belerang, kita bahas dulu mengenai belerang.

Apa itu belerang?
Belerang (ada juga yang menyebutnya sulfur) merupakan unsur non-logam yang tidak berasa. Atom belerang memiliki 16 elektron dan 16 proton dengan 6 elektron valensi di kulit terluar. Belerang tidak larut dalam air. Belerang bekerja sebagai insolator listrik yang baik. Belerang mudah dibakar dan kalau dibakar akan menghasilkan warna biru yang cantik, karena sifatnya yang mudah dibakar inilah belerang biasanya digunakan untuk campuran membuat korek api. Dalam kondisi standar Belerang berwarna kuning pucat yang solid. Hal ini lembut dan tidak berbau. Tetapi yang sering kita temui belerang itu sedikit bau.


Oh iya, biasanya kita menemui belerang berwarna kuning dan berbetuk padat seperti batu, tetapi tidak sekeras batu. Selain berwarna kuning ada juga belerang yang berwarna merah. Belerang merah ini biasanya dihargai lebih mahal, ntah mengapa. Mungkin karena sulit ditemukan. Lihat saja dimana-mana yang ada itu belerang kuning, jarang ada belerang merah. Kalau tak salah harganya bisa dua sampai 3 kali lipat harga belerang kuning.

Belerang biasanya mudah ditemui di kawasan gunung api. Di Indonesia ada beberapa wilayah yang dijadikan tempat penambangan belerang, diantaranya:
1. Gunung Patuha di Jawa Barat
2. Gunung Welirang di Jawa Timur
3. Jambi
4. Jawa Tengah
5. Sulawesi Utara

Bagaimana dengan Bukit Kaba Bengkulu yang juga merupakan gunung api itu? Apa juga memiliki belerang? Mengapa tidak ada yang menambangnya?

Yup, Bukit Kaba Bengkulu juga menhasilkan belerang, sama dengan gunung api lainnya. Hanya saja belerang yang dihasilkan tidak begitu banyak sehingga tidak ditambang oleh warga sekitar. Lagian kita akui bersama kalau harga belerang itu murah, warga sekitar bukit Kaba lebih memilih menjadi petani kopi dibanding menambang belerang.

Dimana kita bisa mendapatkan belerang? Apa harus pergi ke wilayah penambangan di gunung?

Kita bisa mendapatkan belerang di pasar tradisional. Ini kalau aku kemarin ya, mungkin beda tempat beda pula tempat pembeliannya. Kalau aku di Bengkulu belinya di pasar tradisional. Aku juga pernah belinya di Toko Rempah Sari.

Bagaimana cara mengobati jerawat dengan belerang?

Caranya sangat gampang:
1. Siapkan belerang secukupnya
2. Tumbuk halus belerang, beri sedikit air sisihkan
Pemberian air dimaksudkan agar belerang bisa menempel dengan baik di kulit.
3. Cuci bersih wajah
4. Tempelkan belerang ke wajah
5. Diamkan selama 10 menit
6. Cuci bersih wajah
Biasanya akan banyak belerang yang menempel di kulit, jadi kalau aku kemarin aku bersihkan dengan sabun. Lakukan ini sehari sekali sampai jerawat hilang.

Bagaimana efek sewaktu pemakaian?
Jujur rasanya panas, apalagi kulitku adalah kulit sensitif berwarna putih kemerahan yang gampang memerah. Jadi seusai mengobati jerawat dengan belerang wajahku kelihatan sedikit memerah. Jadi makenya jangan tebal-tebal ya, cukup tempelkan tipis saja.

Semoga berhasil.
Catatan:
Akan sangat baik jika sebelum menggunakan belerang kalian mengenali jenis kulit kalian. Perhatikan dengan baik kulit kalian sangat sensitif atau tidak. Karena aku lihat belerang ini sepertinya sedikit keras. Bila perlu konsultasikan mengenai belerang ini dengan para medis atau orang yang mengerti belerang.


Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 1 komentar:

  1. Aku pernah denger belerang katanya memang bagus buat kulit. Makanya suka ada pemandiannya segala kan. Aku pernah beli bubuknya, dari kawasan gunung api begitu, tapi aku pake buat ngerendam kaki supaya ga pegel2 😄. Ga pernah utk kulit wajah sih. Soalnya ga jerawatan juga 😅. Jadi ga kepikir utk wajah. Utk betis ngaruh banget ngilangin pegel

    BalasHapus
8803000654652570868