BLANTERVIO103

Kejar Mimpi Wujudkan Pemuda Indonesia Berkarakter

Kejar Mimpi Wujudkan Pemuda Indonesia Berkarakter
15 Februari 2019

Kemarin ceritanya aku buka-buka sosmedku, mumpung punya waktu senggang lihat info di sosmed dulu kita biar update. Anak muda ini harus terus update. Oh iya, pas buka-buka sosmed entah bagaimana ceritanya akhirnya mampir ke page Kejar Mimpi. Apaan tuh kejar mimpi? Mimpi siapa memangnya? Penasaran dong akunya, aku yang kepo akhirnya scroll tuh page ampe postingan yang lama-lama, ternyata pagenya menarik.

Pagenya menarik karena selain berisi informasi kegiatan program Kejar Mimpi, ada juga quote dan gambar menarik yang Kejar Mimpi bagikan untuk teman-teman di sosmed. Aku suka lihatnya. Duh gitu ya yang namanya informasi zaman now, kalau kita ga cari ya bisa saja kita ketinggalan informasi, kayak aku yang baru tahu tentang Kejar Mimpi ini.



Ngomong-ngomong, apaan sih kejar mimpi?

Mungkin ada yang sama kudetnya kayak aku hehheee…jadi kita bahas dulu apa itu Kejar Mimpi. Kejar Mimpi adalah sebuah gerakan sosial yang diinisiasi oleh CIMB Niaga. Gerakan sosial ini  bertujuan untuk mengumpulkan mimpi-mimpi masyarakat Indonesia dan membuatnya menjadi nyata. Beh, keren kan?

Memang gitu tuh yang betul, kalau punya mimpi alias cita-cita yang baik maka harus dijadikan nyata. Sayang kalau cita-cita baik dipendam terus, nanti bisa jadi penyakit. Lagian kalau jadi nyata siapa tahu bisa membawa dampak baik untuk banyak orang kan ya.

FYI, ternyata Kejar Mimpi punya 4 pilar kegiatan, yaitu pendidikan, lingkungan, pembangunan ekonomi sosial, dan filantropi. Kegiatannya yaitu: 

  1. #KejarMimpi Leaders Camp yang berfokus pada peningkatan soft skill dane menghadirkan pembicara-pembicara inspiratif
  2. #KejarMimpi Volunteering yang didalamnya terdapat kegiatan mengajar, storytelling, penanaman pohon, membersihkan sampah, mengecat sekolah.
  3. Konser #KejarMimpi Untuk Indonesia yang di tahun 2018 kemarin menghadirkan NOAH dan Maudy Ayunda
  4. Program Sejuta Buku yang berfokus kepada donasi dan distribusi ke sekolah-sekolah atau institusi pendidikan
  5. #KejarMimpi Beasiswa yang tahun 2018 kemarin diberikan untuk 70 mahasiswa di seluruh Indonesia
  6. Kolaborasi kegiatan bersama dengan komunitas di berbagai daerah. 

Kegiatan di atas menurutku bagus banget untuk pembentukan karakteristik para pemuda Indonesia. Pemuda Indonesia berkarakter bukan hanya mimpi kalau kegiatan-kegiatan seperti itu dilaksanakan terus menerus dan menyeluruh. Karena pembentukan karakteristik memerlukan banyak praktek, bukan hanya meteri di sekolah    

Contohnya kegiatan sebuah kelompok musik di kepulauan Raja Ampat. Mereka datang ke sana untuk rekaman album dan mengedukasi anak-anak sekitar pulau. Anak-anak di sekitar pulau diajarkan teknik pengambilan foto,  pengambilan film dan teknologi lainnya. Saat memberikan edukasi dan informasi secara tidak langsung para pemuda tersebut telah memberikan mimpi pada anak-anak. Harapannya anak-anak akan mulai berpikir tentang dunia luar yang ternyata luas, sangat menarik untuk dipelajari dan dijelajahi. Semua ini sangat baik untuk kelompok musik yang memberikan edukasi dan baik juga untuk anak-anak yang diedukasi, keduanya sama-sama bahagia. Hal ini bagian dari pembentukan karakter yang baik, berbagi ilmu penegtahuan dan informasi.

Akunya kok ikutan bahagia dengan adanya kegiatan Kejar Mimpi ini, senyum-senyum sendiri pas lihat berita-berita kegiatan mereka di sosmed. Ya…walaupun agak sedih sih pas lihat Kejar Mimpi ini baru ada di beberapa kota besar di Indonesia. Tapi jadi bahagia lagi saat mendengar kabar kalau Kejar Mimpi akan menjalar ke daerah lain juga. Aku harap tempat tinggalku di Bengkulu juga kebagian program kece ini. Aku juga mau ikutan kegiatannya :D


#KejarMimpi goes to TK-SD Yayasan Beribu, Bandung (Photo & Credit: CIMB Niaga & Kejar Mimpi)


Mana nih suaranya para pemuda Indonesia? Kita ikutan gerakan sosial yang kece ini yuk yuk yuk.. selagi menuggu kegiatan masuk ke semua daerah bagus tuh kayaknya kalau kita gabung di grup atau follow sosmed Kejar Mimpi, banyak informasi menarik di sana. Bagi yang tertarik bisa berkunjung ke alamat berikut nih:


Instagram: https://www.instagram.com/kejarmimpi.id

Twiter: https://www.twitter.com/kejarmimpi_id

Facebook: https://www.facebook.com/kejarmimpi.id

Kalau nanti sudah gabung kabarin aku ya, sharing-sharing kita.


Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868