BLANTERVIO103

Cantik dan Sehat Dengan Bayar BPJS Kesehatan Tepat Waktu

Cantik dan Sehat Dengan Bayar BPJS Kesehatan Tepat Waktu
29 Juli 2018




Mungkin ada yang bertanya “kok pembahasan tentang bayar-bayar BPJS Kesehatan ada di kategori kecantikan? Ga salah tempat tuh?”. Ini adalah pertanyaan yang masuk akal dan akan diterangkan secara masuk akal. Aku kenal dengan seseorang wanita cantik yang akhirnya terlihat kurang cantik lagi karena mengalami sakit parah. Wajahnya terlihat layu dan mengeriput serta banyak hal lain yang membuatnya kurang secantik saat sehat. Iya, betul. Tentu siapa saja yang sedang sakit biasanya kelihatan tidak sebaik saat sehat. Oleh karena itu kalau mau tetap kelihatan cantik kita juga harus menjaga kesehatan. 


Masyarakat Indonesia beruntung karena pemerintah menyediakan layanan kesehatan melalui BPJS Kesehatan, jadi kalau sakit kita tidka mengeluarkan uang terlalu besar yang menambah beban pikiran dan mebuat kulit tambah mengeriput. Hanya saja untuk masyarakat umum harus membayar tiap bulan yang besarannya tergantung dengan kelas yang dipilih. Nah..aku adalah salah satu contoh masyarakat Indonesia yang masuk BPJS kesehatan kelas umum, jadi aku harus bayar BPJS kesehatan setiap bulan.

Jujur aku pernah ga bayar BPJS kesehatan ampe 7 bulan. Alhamdulillah sudah aku lunasin, jadi ga kebawa pikiran lagi kayak dulu. Jadi gimana ceritanya bisa nunggak ampe 7 bulan?

Itu ceritanya kalau dulu aku bayar BPJS Kesehatan ke kantor pos atau ATM, kadang ke kantor pos. Awalnya lancar tapi suatu saat keseibukan dunia kerja membuatku lupa kalau tenggang waktu pembayaran telah lewat. Lalu aku pikir, ya udah bulan depan aja sekalian begitu seterusnya akhirnya aku menggap ya udah ga usah dibayar haha. Habis akunya pergi pagi dan pulang hari sudah hampir magrib. Pulang-pulang sudah lelah hayati, pengennya baringan aja tuh di kasur, pengen cepat-cepat sampai rumah. 

Akhirnya 7 bulan berlalu. Entah bagaimana ceritanya teman-teman di kantor cerita tentang pembayaran BPJS Kesehatan dan aku cerita kalau aku sudah 7 bulan nunggak. Teman-teman ngetawain, mereka bilang kalau sekarang semua pembayaran serba praktis. Kita bisa bayar BPJS Kesehatan online. 

What? Aku langsung browsing kan ya, masa iya anak kekinian ini ga tahu kalau BPJS Kesehatan bisa dibayar online. Eh, setelah browsing aku ketemu situs Traveloka yang ternyata menyediakan jasa pembayaran BPJS Kesehatan. Hah, kok ga dari dulu, rasanya pengen garuk dinding garuk punggung. Nunggak udah lama juga karena sibuk. Kalau online kan enak, bayarnya bisa kapan aja. Sambil baringan di tempat tidur juga bisa bayar-bayar kan ya.

Aku akhirnya mulai bayar BPJS secara online, dengan catatan tunggakan udah aku bayar ke BPJS duluan. Payah kalau ngutang udah kelamaan, jadi kebawa pikiran. Lagian untuk antisipasi kalau kita harus menggunakan BPJS Kesehatan kita. Bukan berpikiran buruk, tapi yang namanya sedia payung sebelum hujan itu perlu juga. Lumayan lho bayar-bayar ke rumah sakit kalau rawat inap. Untung kemarin pas bayar yang 7 bulan itu ga kena denda, kalau kena denda entah sudah berapa denda yang harus aku bayar.

1. Kita tinggal buka situs atau aplikasi Traveloka dan login. 
2. Setelah itu pilih menu Bills & Top-up, pilih menu BPJS Kesehatan. 
3. Masukkan nomor BPS kesehatan kita dan pilih kita mau bayar sampai bulan apa. 
4. Lalu pilih metode pembayaran, kita tinggal bayar sesuai dengan metode pembayaran yang kita pilih.

Kalau tak salah kita hanya dikenakan biaya administrasi Rp 2.500,-. Dengan semua kepraktisan yang kita dapat menurutku biaya ini murah. Kalian bisa coba mulai bayar BPJS Kesehatan secara online di Traveloka.
Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868