BLANTERVIO103

4 hal yang membuat kalian harus datang ke Bengkulu

4 hal yang membuat kalian harus datang ke Bengkulu
07 Juli 2018
vebma.com
Ada yang belum pernah datang ke Bengkulu? Bagi yang suka traveling pasti sudah pernah nih jalan ke Bengkulu.


Rugi kalau kalian belum pernah datang ke Bengkulu, 4 hal berikut alasannya.


1. Bengkulu adalah kota sejarah Indonesia
Bengkulu memiliki banyak peninggalan sejarah di masa kolonial. Peninggalan sejarah tersebut selain memiliki nilai sejarah juga menyimpan keindahan tersendiri.

Benteng Marlborough

benteng marlborough bengkulu
Benteng Marlborough
Sumber foto: Mas Prio BoBe
Bengkulu memiliki bentang Marlborough. Benteng ini merupakan benteng peninggalan Inggris saat ada di Bengkulu dan dibangun pada tahun 1713-1719.

Benteng yang bediri di Kelurahan Kebun Keling ini menjadi saksi sejarah bahwa dulu Bengkulu merupakan sebuah daerah yang diperhitungkan. Jika tidak diperhitungkan tidak mungkin Inggris mau susah-susah untuk membangun benteng kokoh ini.

Benteng Marborough berbentuk kura-kura, bentuk kura-kura akan terlihat jelas jika kita melihat dari atas. Di dalam benteng terdapat beberapa meriam tua yang dulu pernah digunakan oleh Inggris,  ada juga beberapa bukti peninggalan sejarah seperti gambar kompas di dalam penjara. Sekarang Benteng dilengkapi dengan tulisan-tulisan tentang sejarah Bengkulu, sejarah benteng Marlborough, sejarah Indonesia dan ada juga patung replika Bung Karno lho di sana.


Benteng terdiri dari ruangan penjara, halaman di tengah, beberapa kamar/barak, kantor VOC, kantor perdagangan, tempat penyimpanan, dan terowongan bawah tanah. Kalau mau menjelaskan tentang Benteng marlborough akan sangat panjang dan mungkin tidak cukup dalam 3 postingan.

Tugu Thomas Parr
Tugu ini merupakan tugu peringatan atas meninggalnya Sir Thomas Parr saat terjadi pemberontakan di Bengkulu.

Rumah pengasingan Bung Karno
rumah pengasingan bung karno

Siapa yang tidak kenal dengan Bung Karno. Beliau adalah proklamator kemerdekaan Indonesia dan presiden pertama Indonesia. Belia pernah diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1938-1942. Pada saat di Bengkulu ini pula beliau bertemu dengan ibu negara pertama Indonesia, Ibu Fatmawati. Rumah orang tua ibu Fatwamati beda gang saja dengan rumah pengasingan bung Karno, bisa dibilang ini namanya conlok alias cinta lokasi.



makam inggris
Gerbang Makam Inggris Bengkulu

Makam inggris ini bukti nyata kalau warga negara Inggris pernah tinggal di Bengkulu.

2. Bengkulu punya bunga terbesar di dunia

Bunga rafflesia (wikipedia.com)
Bunga Raflesia Arnoldi adalah bunga terbesar di dunia.  Memang mungkin bunga ini terkadang kembang di wilayah lain di Indonesia, atau bahkan dulu pernah lihat berita dia mekar di salah satu wilayah Malaysia. Tetapi di Bengkulu bunga ini sering sekali mekar dan di Bengkulu jenisnya banyak, ada yang merah, ada yang putih dan lain sebagainya. Di Bengkulu juga sering mekar bunga bangkai, bunga yang tingginya bisa mencapat 4 meter lebih.

3. Alam Bengkulu indah
Siapapun  yang pernah ke Bengkulu akan mengakui hal ini. alam Bengkulu itu indah. Bengkulu memilki pantai yang kece. Ada pantai Panjang, pantai Nala, Pantai Linau, Sungai Suci, air terjun Palak Curup, pemandian Suban Air Panas, air terjun  curug 9, Datar Lebar, kebun teh Kabawetan, kebun strawberry di Curup dan banyak hal lainnya. kalau ke Bengkulu kita tidak akan kekurangan destinasi wisata.


Sungai Suci

4. Makanan di Bengkulu enak
Bengkulu itu surganya makanan enak lho. Di Bengkulu kalian bisa cicip yang namanya pendap, ada bai tat, ada jeruk kalamansi, jeruk Lebong, cucur bandan, kue perut punai, lempuk durian, kue som, sate gurita, gulai pelus, gulai rendang lokan, gulai saripulang, kasam, gulai lema dan banyak lagi lainnya, pokoknya tinggal pilih. 
kue bai tat and my bro

Lebih enak lagi kalau ke Bengkulu saat musim durian, harganya lumayan murah saat musim. Sebuah durian dihargai hanya Rp 5.000,- saja. Bagi penikmat durian ini adalah anugerah tak terkira.


Jeruk kalamansi di depan rumah Ibu Sorta
Salah Satu Produsen Olahan Jeruk Kalamansi Bengkulu
Empat hal di atas lebih dari cukup untuk menjadi alasan kalian harus datang berkunjung ke Bengkulu. Jadi kapan ke Bengkulu?

Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868