BLANTERVIO103

ITULAH MENGAPA JERUK KALAMANSI JADI SALAH SATU PRODUK UNGGULAN BENGKULU

ITULAH MENGAPA JERUK KALAMANSI JADI SALAH SATU PRODUK UNGGULAN BENGKULU
30 Oktober 2017

Bengkulu, sebuah provinsi di Pulau Sumatera yang memiliki beragam kekayaan alam. Bengkulu memiliki bunga Rafflesia, Bunga Bangkai, objek wisata keren seperti Pantai Panjang, Sungai Suci dan lainnya pokoknya lengkap deh. Patutlah kalau Bengkulu memiliki banyak produk unggulan. Saat ini Provinsi Bengkulu memiliki 4 produk unggulan yaitu:
  1. Jeruk Gerga
  2. Jeruk Kalamansi
  3. Pisang Curup
  4. Udang Vename
Semuanya adalah produk-produk yang kata anak zaman sekarang itu kece badai, alias sangat menarik. Kali ini yang akan kita bahas adalah tentang jeruk kalamansi. Mengapa jeruk kalamansi yang akan dibahas? Karena untuk sekarang jeruk kalamansi sering aku konsumsi di rumah.

Jeruk Kalamansi Bengkulu


Jeruk Kalamansi atau yang bahasa ilmiahnya Citrofortunella Microcarpa adalah sesuatu yang sudah melekat dan merakyat di Bengkulu. Kalau ke Bengkulu kita bisa menemukan jeruk ini dimana-mana. Kita juga bisa menemukan jeruk ini mulai dari yang belum dipetik alias masih di batang sampai yang sudah menjadi beragam olahan enak yang sangat rugi kalau tidak dicicipi. Tidak heran kalau buah jeruk kalamansi menjadi salah satu produk unggulan Provinsi Bengkulu. Jadi bagaimana ceritanya jeruk kalamansi bisa berkembang di Bengkulu?

Cerita Berkembangnya Kalamansi Bengkulu

Jeruk kalamansi kalau bahasa Inggrisnya disebut Citrus Calamondin, orang bali menyebutnya limau kesturi. Sedikit berbeda dengan Bengkulu yang menyebutnya jeruk kalamansi. Perbedaan ini sudah mengisyaratkan kalau jeruk ini juga ada selain di Bengkulu. Sebenarnya jeruk ini bukanlah tanaman asli Bengkulu, tamanan ini berasal dari negeri para panda yang pada akahirnya menyebar ke negara-negara tetangga termasuk Indonesia. Awal mulanya pada tahun 2009 Wakil Presiden Indonesia, Boediono mendorong para pemerintah daerah untuk memulai gerakan "Satu Desa Satu Produk", gerakan yang sangat bagus sekali untuk kemakmuran masyarakat.

Pada tahun 2011 Walikota Bengkulu menyatakan bahwa beliau telah mendistribusikan bibit jeruk kalamansi dan sipa mendukung program "Satu Desa Satu Produk" dengan dana APBD. Awalnya jeruk kalamansi banyak di tanam di Kelurahan Padang Serai Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu. Akhirnya jeruk ini menyebar kemana-mana karena tamanan ini mudah sekali dikembangbiakkan. Selain itu tanaman jeruk kalamansi adalah tanaman yang cepat sekali berproduksi, dalam jangka waktu 6 bulan saja kita sudah bisa memanen jeruk kalamansi. 

Banyaknya tanaman yang menyebar membuat hasil produksi melimpah, seiring berjalannya waktu jeruk kalamansi benar-benar menjadi salah satu produk unggulan Bengkulu. Jeruk ini ada di mana-mana, karena banyak juga warga yang menanamnya di depan rumah sebagai tanaman hias. Buahnya yang lebat menjadikan tanaman ini indah dipandang.

Jeruk kalamansi di depan rumah Ibu Sorta
Salah Satu Produsen Olahan Jeruk Kalamansi Bengkulu
Sebagai informasi, ternyata walau jeruk kalamansi tidak hanya bisa ditemukan di Bengkulu tetapi rasa jeruk kalamansi dari Bengkulu itu berbeda. Jeruk kalamansi Bengkulu berasa lebih segar, jika tidak percaya silahkan dicoba ya.

Manfaat Jeruk Kalamansi

Jeruk kalamansi memiliki beragam manfaat yang perlu kita ketahui. Diantaranya:

1. Sebagai penghilang bau amis 
Penah tidak kalau makan di rumah makan kalian menemukan potongan jeruk kalamansi di dalam cuci tangnnya? Hal ini ternyata dilakukan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada tangan seusai makan.
2. Sebagai sumber vitamin C
Seperti kita ketahui bersama bahwa beragam jenis jeruk itu, termasuk jeruk kalamansi kaya akan vitamin C yang bagus untuk tubuh.
3. Sebagai bumbu makanan
Bagi yang suka masak akan tahu akan hal ini. Jeruk kalamansi adalah salah satu bumbu makanan yang akan membuat makanan kita enak dan mantab. Jika ingin mencoba silahkan coba tambahkan perasan jeruk kalamansi pada saat membuat kerpik pedas. Keripik kita akan terasa lebih gurih dan lebih tahan lama. Serta banyak lagi manfaat yang mungkin penulis belum ketahui.

Olahan Jeruk Kalamansi


Kalamansi Siap Minum
Salah Satu Produk Olahan Jeruk Kalamansi
Melimpahnya hasil produksi jeruk kalamansi Bengkulu membuat banyak warga Bengkulu yang kreatif mulai mencoba membuat olahan berbahan dasar jeruk kalamansi. Lalu terciptalah sirup jeruk kalamansi, jeruk kalamansi siap minum, kue jeruk kalamansi, dan selai jeruk kalamansi. Jadi kita tinggal pilih kita mau olahan yang mana. Itulah mengapa beberapa waktu yang lalu aku memasukkan jeruk kalamansi ke dalam 7 Most Wanted Gift From Bengkulu, atau kata lainnya 7 oleh-oleh yang paling diinginkan dari Bengkulu (menurut www.zarlinda.com).
Baca : Olahan Jeruk Kalamansi yang Segar dan Sehat Khas dari Bengkulu
Minuman Kalamansi di Salah Satu Tempat Produksi Olahan Kalamansi Bengkulu
yang Sudah Dikemas dan Peralatannya

Kita bisa menemukannya di sepanjang Jalan Sukarno Hatta, pusat oleh-oleh khas Bengkulu. Selain olahan yang sudah dibuat oleh para produsen kita bisa juga mengkreasikan jeruk kalamansi ala kita. Ini sirup kalamansi kreasiku di rumah, adik-adikku sangat suka dengan olahan ini.

Jeruk Kalamansi Kreasiku

Bahan:
Sirup Kalamansi 3 sdm
Selasih seujung sendok
Sesendok air putih
Air dingin 250 ml 
3 lembar daun mint

Cara pembuatan:
Rendam biji selasih dengan sesendok air putih, biarkan mengembang.
Masukkan sirup jeruk kalamansi + air dingin, aduk.
Tambahkan daun mint.

Hore............sirup jeruk kalamansi ala Zefy siap diminum.

Jelas sudah mengapa jeruk kalamansi ini menjadi salah satu produk unggulan Bengkulu. Jeruk kalamansi tumbuh dan berkembang biak dengan baik di Bengkulu, jeruk kalamansi Bengkulu itu berbeda, sarat manfaat, dan enak. Begitu menurut www.zarlinda.com. Sudah pernah kan cicip jeruk kalamansi Bengkulu dan olahannya yang menjadi salah satu produk unggulan Bengkulu? Kalau ke Bengkulu jangan lupa cicip jeruk kalamansi dan olahnnya ya.
Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 2 komentar:

  1. Yth bpk/ibu apakah menerima buah jeruk kalamangsi...alamat di mn ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf Pak/Bu baru balas komentarnya
      ga Pak/Bu, aku tidak menerima buah jeruk kalamansi, ini nulis aja
      sukses terus usaha jeruk kalamansinya ya :)

      Hapus
8803000654652570868