BLANTERVIO103

Resep Gulai Gurita

Resep Gulai Gurita
01 Oktober 2019

Beberapa waktu yang lalu aku ceritanya ikut pak suami ke kota Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara. Jadi ceritanya nih, pak suami pergi ke sana dalam rangka urusan kerja. Karena akhir minggu aku jadi ikutan. Maklumlah, istri takut tidak sama-sama suami saat akhir minggu. Takut kangen, eaaaaa.

Kalau ke Argamakmur bisa dipastikan bahwa kami kemungkinan besar mampir ke rumah mas Timor dan mbak Andra. Mereka rumahnya dekat dengan lokasi kerja suami, mereka juga supel sekali. Jadi kalau ke Argamakmur rugi tidak mampir ke sana. Kalau kita bertamu ke rumah handai tolan apa yang  biasanya terjadi? Iyup, benar. Kami dibuatkan teh, disuguhi kue dan pada jam makan siang diajak makan.

Sebenarnya aku belum lapar saat ditawari makan oleh mbak Andra, karena kami makan lontong tunjang di warung sebelum berangkat ke Argamakmur. Bengkulu-Argamakmur kan bisa ditempuh hanya dalam waktu 1,5 jam. Jadi perutku masih berasa penuh. Tetapi mbak andra promosi sajian yang ia tawarkan kepada kami. Dia bilang kalau hari ini di meja makan sudah tersedia gulai gurita, guritanya langsung didatangkan dari Kabupaten Kaur. Sebagai informasi, Kaur adalah daerah penghasil gurita di Bengkulu. Ini adalah tawaran langka, aku memilih makan :D

Ditemani kerupuk dan nasi putih kalian bisa membayangka betapa nikmatnya makan siang kami akhir minggu kemarin. Apalagi kalau makannya saat perut benar-benar lapar, beh....mertua lewat tidak kelihatan bro. Gurita yang aku makan jauh dari kenyal-kenyal alot yang biasanya dirasakan kalau makan gurita. Gurita yang aku makan lembut sekali, bumbunya juga pas. Mantablah pokoknya. Ada sesuatu yang ditambahkan mbak Andra saat masak gulai gurita yang membuat gulai ini semakin mantab, petai. Gulai gurita yang kami makan banyak petainya, sedapnya.

Bagi yang ingin mencoba guai gurita boleh mencoba resep berikut.

Resep Gulai Gurita

Bahan utama

1/2 kg gurita kering

Bumbu Halus 

11 buah cabai merah 
3 cm lengkuas 
1 cm kunyit 
1 cm jahe 
3 buah bawang merah 
2 buah bawang puitih 
1/2 sendok ketumbar halus

Bumbu Kasar 

1 batang serai digeprek 
2 lembar daun salam 
2 lembar daun jeruk

Penikmat 

2 papan petai, dikupas

Tambahan 

Santan 100 ml 
Air  putih 1 gelas 
1 buah tomat apel iris 
1 batang bawang daun iris 
Garam dan penyedap secukupnya

Cara memasak 

  1. Potong-potong gurita kering, cuci lalu rebus hingga lembut. Setelah lembut tiriskan lalu sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus dan kasar sampai harum
  3. Masukkan gurita
  4. Tumis sebentar
  5. Masukkan air dan santan
  6. Tunggu sampai mendidih, sabil sesekali diaduk
  7. Masukkan petai, tomat dan bawang daun
  8. Tunggu sekitar 5 menit
  9. Masukkan garam dan penyedap sesuai selera
  10. Angkat dan sajikan

Gampang kan ya, makasih banyak untuk mbak Andra yang sudah berbagi resep gulai guritanya. Dan untuk kalian, selamat mencoba ya.
Share This Article :
Zefy Arlinda

pencinta hijau

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868