Aksesibilitas Pada Bangunan Gedung Itu Penting

Setiap orang, termasuk para penyandang cacat memiliki kesempatan yang sama dalam memanfaatkan fasilitas umum yang ada di sebuah bangunan gedung. Kesempatan dalam pemanfaatan fasilitas ini dapat diwujudkan dengan penyediaan aksesibilitas pada bangunan gedung tersebut. Lalu apa sih aksesibilitas?

Berdasarkan Permen PU Nomor : 30/PRT/M/2006 Pasal 1 bahwa aksesibilitas adalah kemudahan yang disediakan bagi semua orang termasuk penyandang cacat dan lansia guna mewujudkan kesamaan kesempatan dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan. Selanjutnya pada Pasal 4 disebutkan bahwa persyaratan teknis fasilitas dan aksesibilitas pada bangunan gedung dan lingkungan meliputi ukuran dasar ruang, jalur pedestrian, jalur pemandu, area parkir, pintu, ram, tangga, lif, lif tangga (stairway lift), toilet, pancuran, wastafel, telepon, perlengkapan dan peralatan kontrol, perabot, rambu dan marka.


Deskripsi Infografik
Infografik berisi tentang syarat umum sarana pada bangunan gedung. Syarat tersebut mencakup syarat ramp, toilet, parkir dan lift. Infografik juga memuat regulasi dan kebijakan pemerintah tentang aksesibilitas bangunan gedung.
Pada infografik ada seorang anak yang menyebutkan bahwa bangunan gedung keren itu bangunan gedung yang bersahabat pada semua penggunanya. Maksudnya di sini bangunan gedung yang baik adalah bangunan gedung yang memudahkan semua penggunanya, termasuk teman-teman penyandang disabilitas. Di bagian bawah ada logo PU, disambung dengan icon yang mewakili masyarakat umum dan para penyandang disabilitas.

Hayuk sediakan aksesibilitas saat membuat bangunan gedung.
Daftar pustaka:
Pedoman Persyaratan Teknis  Bangunan Gedung, Peraturan Mentri Pekerjaan Umum No: 29/PRT/M/2006.

Share this:

JOIN CONVERSATION

2 comments:

  1. wah, dapat ilmu dan info baru ni, terima kasih ya. Cuma praktiknya kayaknya sulit juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sih, masih sedikit sulit sepertinya :D

      Delete